Kamis, 15 Juni 2017

7. Beyond Dream

Mimpi itu jangan yang kecil. Mimpi yang tinggi sekalian. 'nanti kalo jatuh gimana?' kita itu terlalu takut menghadapi kenyataan. Padahal kita buta akan kenyataan, apakah orang yang meninggal tau semenit sebelumnya akan mati? Kita terlalu sering mendramatisirkan keadaan. Mimpi aja yang tinggi bahlan yang gak mungkin. Kenapa? Karena kita gak tau hari esok akan seperti apa, setidaknya dengan mimpi kita akan terpacu semangatnya untuk bisa menggapai target-target yang kita buat.

Saat mimpi sudah tertata dengan rapi tersimpan dalam memori yang indah, yakinlah semua akan tercapai. Ketika belum sampai pada mimpi mu, tidak.. tidak.. Kamu tidak gagal. Kamu haya perlu bersabar dan senantiasa optimis menunggu waktu yang tepat dari Allah, hingga waktunya tiba. Semua akan indah pada waktunya.

Coba saja jika siang dijadikan bermalamnya manusia alias tidur, memang bisa aja tapi gak enak, badan sakit, tidur bukan memberi manfaat malah kadi mudhorot. Karena tidak digunakan tepat pada waktunya. Allah sudah berfirman : ku jadikan malam untuk kalian beristirahat (Q.S) jadi jangan coba-coba menyalahi aturan Allah bahkan sampai berprasangka buruk padaNya, Allah tuh emang tau banget yaa sifat manusia yang suka suudzon sampe Allah berfirman: janganlah kalian berprasangka buruk... (Q.S)

Takdir emang udah Allah tetapkan bahkan udah tertulis jelas dikitab yang agung yaitu lauh mahfudz gak ada yang bisa merubahnya. Kita sepakat aka hal ini. Tapi bukan berarti menjadi halal apabila kita mengkambing hitamkan takdir sehingga membuat kita hidup santai berleha-leha, alih-alih 'toh aku begini karena takdir Allah yang udh menetapkan jalan seperti ini buat aku'.

Remaja Tangguh.. Jangan sok tau alias jadi Tuhan lain dari selain Allah yaa. Realitanya kita gak tau ketetapan seperti apa yang Allah tulis buat kita. Bahkan anak penjahat sekalipun bisa menjadi anak yang shaleh akibat usahanya atas izin Allah yang menjadikannya anak yang sholeh nan alim. Bayangkan jika anak penjahat itu percaya akan 'takdir palsu' yang ia yakini. Kayanya kita bakal menembak bahwa buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya. Tapi akibat anak yang tidak mempercayai takdirnya, seakan ia sedang melukis takdir baru untuknya.

Banyak kisah nyata lainnya juga, cerita tentang anak kurang mampu yang sukses. Mulai dari seorang anak penjual kayu, anak buruh tani, anak penjahit, bahkan anak pemulung dan masih banyak lagi yang lainnya, mereka mampu melawan takdir keliru mereka. Mereka keluar dari takdir bayangan menuju takdir realitas. Mereka memberanikan diri untuk bisa hidup lebih layak dari orang tuanya, dimulai dari bermimpi bisa melanjutkan kuliah, bekerja di tempat yang enak, bahkan bermimpi memiliki ribuan pekerja serta menjadi nahkoda yang mengendalikan laju pelayaran, menjadi penguasa, pengusaha dan pemimpin.

Tidak ada komentar:

Qurban Pertamaku 2023

Rangkaian cerita yang Allah susun semuanya sempurna, indah, tidak ada yang janggal, apalagi keliru. Skenario Allah tersusun begitu apik, har...