Jumat, 04 Juli 2014

Biologi Dan Peranannya Dalam Kehidupan | Biologi kelas X semester 1 | Kurikulum 2013

Assalamu'alaikum..
Ahlanwasahlan :)
Pada kesempatan kali ini saya akan memposting pelajaran Biologi kelas X semester 1, yang sempat saya rangkum dahulu saat kelas sepuluh.. :D
Semoga bermanfaat! ;)
Ini adalah rangkuman dari buku Biologi kelas X kurikulum 2013

Biologi kelas X semester 1 Kurikulum 2013

Bab 1               Biologi Dan Peranannya Dalam Kehidupan

Biologi dalam bahasa yunani artinya "bios" yang berarti hidup dan "logos" yang berarti ilmu. Jadi, dapat disimpulkan biologi adalah Ilmu tentang makhluk hidup.
A.   Tingkat Organisasi Kehidupan.
1.    Molekul.
Atom terdiri dari proton, neutron dan elektron. Atom-atom tersebut kemudian berkaitan membentuk molekul. (Terkadang molekul tidak termasuk kedalam Tingkat Organisasi Kehidupan)
2.    Sel.
Molekul-molekul saling berkaitan dengan ikatan yang lebih kompleks membentuk suatu organel sel. Sel tersusun atas tiga bagian utama yaitu membran sel, sitoplasma dan inti sel. Organel sel yang hanya dimiliki oleh sel hewan adalah lisosom, sedangkan organel sel yang hanya dimiliki oleh tumbuhan adalah kloroplas dan vakuola.
3.    Jaringan.
Sel-sel yang sejenis berkumpul membentuk jaringan.
4.    Organ.
Kumpulan beberapa jaringan yang membentuk organ.
5.    Sistem organ.
Organ-organ yang melakukan fungsi dan tugas tertentu salaing berhubungan membentuk sistem organ. Contohnya : sistem pernafasan => organ hidung-faring-laring-trakea-bronkus-paru2.
6.    Organisme.
Organisme adalah kumpulan dari berbagai sistem organ.
7.    Individu.
Individu dalam bahasa latin yaitu "individiuum" yang artinya tidak dapat dibagi. Jadi, dapat diartikan individu adalah satu unit organisme.
8.    Populasi.
Populasi adalah kumpulan dari individu sejenis yang menempati tempat dan waktu yang sama.
9.    Komunitas.
Komunitas adalah kumpulan dari berbagai populasi yang menempati suatu daerah dan waktu yang sama.
10.  Ekosistem.
Ekosistem adalah suatu tempat makhluk hidup melakukan interaksi dengan lingkungannya.
11.   Bioma.
Bioma adalah kumpulan dari berbagai komunitas pada setiap zona habitat. Suatu bioma diberi nama berdasarkan tumbuhan yang dominan (komunitas). Terdapat 9 macam bioma, yaitu : bioma tundra, bioma taiga, bioma hutan gugur, bioma hutan hujan tropis, bioma padang rumput, bioma padang pasir (gurun), bioma sabana, bioma hutan bakau (mangrove), dan bioma hutan lumut. Garis pemisah atara dua bioma disebut ecotone.
12.   Biosfer.
Biosfer dalam bahasa yunani yang artinya "biosphere" ; bios = hidup, sphere = lapisan. Biosfer adalah kesemua bioma yang ada di bumi/ semua zona hehidupan di bumi (lapisan kehidupan).
B.  Cabang-Cabang Biologi
Tujuan cabang-cabang biologi sebagai upaya memperdalam berbagai objek dan permasalahan. Dibedakan 2, yaitu:
Kerataan horizontal menggambarkan cabang-cabang biologi berdasarkan aspek yang dikajinya.
Kerataan vertical menggambarkan berbagai cabang biologi berdasarkan kelompok makhluk hidup yang dikajinya.

Cabang-Cabang Biologi Berdasarkan Aspek Kajiannya.

Cabang ilmu
Bidang kajian
Morfologi
Bentuk luar tubuh
Anatomi
Bagian-bagian dalam tubuh
Histrologi
Jaringan
Fisiologi
Faal (jaringan kerja) organ tubuh
Genetika
Pewarisan sifat
Embriologi
Perkembangan embrio
Ekologi
Interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya
Evolusi
Perkembangan makhluk hidup dari masa lalu sampai masa kini

Cabang-Cabang Biologi Berdasarkam Kelompok Makhluk Hidup Kajiannya.

Cabang ilmu
Bidang kajian
Mikrobiologi
Mempelajari jasad renik, meliputi : keanekaragaman jenis, fisiologi, reproduksi, peranan, dan lain sebagainya.
Botani
Mempelajari dunia tumbuhan, meliputi : morfologi, fisiologi, klasifikasi, manfaatnya bagi manusia, dan lain sebagainya.
Zoologi
Mempelajari dunia hewan, meliputi : morfologi struktur tubuh, fisiologi, peranannya dalam kehidupan, dan lain sebagainya.

C.   Manfaat Mempelajari Biologi Bagi Kehidupan.
     Keuntungan :
1)    Bidang Pertanian.
Dengan penerapan ilmu botani, fisiologi, anatomi, dan genetika. Biologi berperan dalam penemuan bibit unggul yang tahan lama, cepat panen, hasil panen tinggi, sehingga kebutuhan manusia akan pangan terpenuhi. Melalui rekayasa genetika. Selain itu dapat mempelajari berbagai jenis hama dan penyakit tanaman serta cara penularannya, sehingga manusia dapat menemukan cara mengatasinya.
2)    Bidang Peternakan.
Dengan penerapan ilmu zoology, fisiologi, anatomi, embriologi, taksonomi, dan genetika. Perannya : menghasilkan bibit unggul dengan cara kawin suntik (inseminasi), dan kawin silang (bastar).
3)    Bidang Kedokteran.
Dengan penerapan ilmu anatomi, fisiologi, mikrobiologi, dan patologi. Peranannya : membantu mengetahui gangguan yang terjadi pada alat tubuhserta penyebab gangguan tersebut, dapat membantu dokter untuk melakukan berbagai macam operasi, memperbaiki atau mengganti organ tubuh yang rusak, membuang jaringan yang terkena penyakit atau organ yang sudah tidak bekerja. Cabang biologi bioteknologi : penemuan transplantasi gen dan teknik bayi tabung maupun cloning membuat manusia kagum dan memiliki harapan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam kehidupannya.
4)    Bidang Industri
Dengan penerapan ilmu botani, taksonomi, zoology, dan mikrobiologi. Manusia dapat mengetahui jenis-jenis hewan dan tumbuhanyang dapat menghasilkan bahan-bahan industry. Contohnya botani : mengetahui tanaman kina dapat menghasilkan pil kina digunakan untuk obat pencegah penyakit malaria. Mikrobiologi : diterapkan untuk memproduksi alcohol, kecap, tempe, dan tape.
5)    Bidang Perikanan.
Upaya budidaya ikan dan dalam usaha pelestarian ekosistem perairannya. Budidaya ikan: pembuatan tambak-tambak, keramba jala apung (kajapung), maupun rumpon. Upaya pelestarian ekosistemnya: pelestarian terumbu karang, mangrove, dan hutan bakau.
6)    Bidang Sosial.
Molekul DNA dapat diisolasi dari sel kemudian di deteksisehingga menghasilkan gambaran enzim retriksi yang khas pada setiap orang. Contohnya : kakus perebutan anak di pengadilan dapat diselesaikan dengan adanya hasil tes DNA, karena anak memiliki kesamaan enzim retriksi dengan orangtuanya.
7)    Bidang Kehutanan
Misalnya : peningkatan daya guna hutan, penelitian di bidang agroforestri, maupun konservasi. Terjaganya flora dan fauna adalah peranan biologi dalam bidang konservasi, manfaatnya dapat menjaga, kelestarian sumber daya hayati. Menjaga kelestarian flora berarti menjaga kelestarian sumber air dimuka bumi ini.
8)    Bidang Gizi.
Ditemukannya jenis-jenis makanan yang baik dan mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh.
9)    Bidang Farmasi.
Ditemukannya berbagai macam obat, vaksin ataupun antibakteri.
Kerugian :
Didukung kemajuan ilmu dan teknologi, manusia dapat mengeksploitasi kekayaan alam dengan tanpa batas. Ini berbahaya, sebab keseimbangan alam akan terganggu. Pertanian monokultur petani menanam satu jenis tanaman, maka keanekaragaman hayati akan mengalami penurunan, pemberantasan hama secara berlebihan akan berdampak pada pencemaran lingkungan. Penggunaan senjata biologi dalam peperangan. Sejenis mikrobia pathogen disebarkan dengan cara tertentu sehingga bibit penyakit yang dibawa bakteri tersebut dapat ditularkan, contohnya : Bacillus antracis.
D.  Peranan Biologi.
  • Mencegah manusia dari wabah penyakit dan kelaparan.
  • Mengetahui cara mengobati penyakit yang tadinya tidak diketahui dan mengetahui cara penularannya.
  • Menumbuhkan lingkungan hidup yang sehat.
  • Mengetahui bibit-bibit unggul, baik bagi hewan maupun tumbuhan.
  • Manusia sadar akan pentingnya flora dan fauna.
  • Mengetahui cara mencegah dan mengobati penyakit menular..

E.   Pentingnya Mempelajari Biologi.
  • Memahami diri lebih baik.
  • Memelihara kesehatan.
  • Ditemukan bibit-bibit unggul.

Yuk di Follow my Twitter : @yuwan_Ayunda
Terimakasih :)

Qurban Pertamaku 2023

Rangkaian cerita yang Allah susun semuanya sempurna, indah, tidak ada yang janggal, apalagi keliru. Skenario Allah tersusun begitu apik, har...