Kamis, 06 April 2017

FUAH Terapkan Sistem Pendidikan Unggul

Disampaikan dalam rangka memperkenalkan fakultas baru di IAIN Purwokerto, yakni Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora (FUAH). FUAH memilih sistem pendidikan unggul dalam menjalankan proses belajar mengajarnya, yakni dengan cara memprioritaskan kepentingan mahasiswa dari kepentingan yang lainnya.

Hal ini bertujuan agar mahasiswa memiliki bekal yang cukup sehingga siap untuk terjun ke masyarakat luas. Tidak hanya memahami dan menghafalkan ilmu saja melainkan juga dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Dr. Hartono "memuaskan pelanggan eksternal yakni mahasiswa itu lebih penting daripada memuaskan kepentingan pelanggan internal yaitu pengelola itu sendiri." tuturnya mengenai sistem pendidikan FUAH.

Dengan sistem pendidikan yang mengedepankan kepentingkan mahasiswa, diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman yang mendalam sesuai dengan bidang program studi masing-masing, sehingga mahasiswa tidak hanya belajar di dalam kelas saja melainkan mendapatkan banyak ilmu dari luar kelas salah satunya melalui program-program training yang FUAH selenggarakan.

Banyak program yang telah FUAH selenggarakan diantaranya mengadakan sangar-sangar yang dapat menambah pengetahuan mahasiswa seperti Sanggar Living Quran, berisi tentang Kajian Tafsir sehingga mampu menambah wawasan mahasiswa tentang tafsir al-Qur'an dan Komik Qur'an merupakan salah satu metode mengaplikasikan isi kandungan al-Qur'an kedalam hasil karya tulis. Selain itu ada Sanggar Bahasa diharapkan mahasiswa mampu berbahasa asing dengan baik khususnya bahasa inggris dan bahasa arab.

Kedepannya FUAH akan terus menambahkan program-program lainnya yang dapat menunjang pembelajaran mahasiswa dikelas maupun sebagai bekal untuk berhadapan dengan dunia di luar pendidikan.

Tidak ada komentar:

Qurban Pertamaku 2023

Rangkaian cerita yang Allah susun semuanya sempurna, indah, tidak ada yang janggal, apalagi keliru. Skenario Allah tersusun begitu apik, har...